Cara Mengatasi Rem Cakram Seret Pada Motor dengan Mudah

Cara Mengatasi Rem Cakram Seret - Kampas rem cakram maupun kampas rem tipe tromol keduanya memiliki fungsi yang sangat penting dalam sistem pengereman untuk kendaraan bermotor. Apabila kampas rem sudah habis maka sebaiknya harus lekas diganti dengan yang baru, agar keselamatan dan kenyamanan berkendara tetap terjaga.
Cara Mengatasi Rem Cakram Seret
Rem Cakram Seret
Jika jaman dulu sepeda motor masih menggunakan rem tipe tromol, baik itu rem depan maupun rem belakang. Berbeda dengan sekarang, yang kebanyakan sudah menggunakan rem cakram (disc brake) dibagian depan. Ada juga yang keduanya sudah mengaplikasikan tipe Disc Brake.

Keunggulan rem cakram pada motor diantaranya:
  • Pengereman lebih pakem.
  • Kampas rem tidak cepat panas.
  • Mudah untuk melakukan pengecekan.
  • Pemasangannya mudah dan cepat.
Selain memilik keunggulan, rem cakram motor juga memiliki kekurangan yang cukup serius seperti cakram seret yang menjadi penyebab piringan cakram panas dan rem cakram masuk angin. Nah untuk mengatasi rem cakram motor seret, ada sedikit ulasan untuk memperbaikinya. Langsung saja simak infonya berikut ini.

Cara Memperbaiki Rem Cakram yang Seret Pada Motor

Mungkin sam bro sekalian pernah mengalami rem cakram seret mendadak pada motornya, dan setelah di cek kampasnya juga masih bagus. Jika sudah begitu tentu sam bro jadi bingung.

Sebetulnya rem cakram motor seret itu bukan hanya dari kampasnya yang bermasalah, tapi masih ada hal lainnya penyebab disk brake motor panas kemudian seret. Masih ada komponen rem cakram sepeda motor penyebab cakram lengket yang perlu diketahui.

Lalu bagaimana cara mengatasi rem cakram seret tanpa harus pergi ke bengkel? alat atau kunci yang diperlukan pun tak terlalu banyak dan khusus. Hanya dengan kunci L biasa dan kunci L model bintang, karena baut yang digunakan kebanyakan baut bintang. Kemudian kunci ring 8" dan obeng min.
Baca juga: Cara Simpel Atasi Lampu Motor Sering Putus Gak Pake Ribet
1. Langkah pertama cara memperbaiki rem cakram yang seret adalah longgarkan 2 baut pada kaliper braket menggunakan kunci L bintang. Biasanya baut braket kaliper ini susah dibuka karena memang dari pabriknya, saat memasang baut diberi sedikit lem khusus yang berguna agar baut tak mudah kendor.

2. Kemudian lepaskan baut pin caliper rem cakram, ada yang memakai kunci 8 ada juga yang menggunakan kunci L.

3. Jika baut sudah lepas, kemudian copot kaliper cakram dari posisinya, jika tidak ada kendala yang serius. Caliper disk brake sangat mudah untuk dilepas, tinggal ambil kampas remnya.

4. Jika kampas rem cakram sudah terlepas, cek dulu kondisi kampas, apakah masih layak pakai atau sudah harus diganti. Perhatikan pula ketebalan kampas rem cakram, permukaan kampas rem cakram yang tidak rata juga menjadi penyebab rem cakram seret dan lengket.

Banyak kasus rem cakram seret setelah ganti kampas atau ganti kampas rem cakram malah seret, hal itu disebabkan karena kampas rem baru masih tebal. Namun jangan khawatir, setelah dipakai 3-4 hari rem akan kembali normal, karena permukaan kampas sudah rata.

5. Kemudian cek pin kaliper rem, ini biasanya penyebab rem cakram seret karena kotor bahkan tidak rata karena sudah aus. Jika pin kaliper hanya kotor, cukup sam bro bersihkan dengan cara dicuci kemudian keringkan.

Jika pin kaliper cakram sudah bersih dan kering, beri sedikit stempet (grease) sedikit saja, kalau tidak ada grease, oli bekas juga gak masalah tapi jangan banyak-banyak.


6. Step mengatasi rem cakram seret pada motor berikutnya adalah dengan membersihkan daerah piston kaliper, disinilah biasanya banyak sekali kotoran hasil gesekan kampas dengan piringan cakram singgah. Bila debu dan kotoran sudah terlalu banyak bisa mengakibatkan cara kerja piston cakram jadi seret

Cara membersihkan piston rem cukup di kuas dengan kuas hingga debu dan kotoran hilang kemudian lap menggunakan kain lap.

Jangan lupa periksa juga oring piston cakram, cukup cek saja sil piston apakah masih bagus atau terdapat koyakan, bagi pemula membersihkan dan melepas karet sil ini sangat tidak dianjurkan.

Karena bagian oring seal sangat rawan bermasalah jika terdapat kesalahan dalam pemasangannya diantaranya, rem bisa masuk angin (kurang pakem), macet bahkan bisa mengakibatkan rem cakram blong.

7. Bila semua proses pembersihan sudah selesai, pastikan dulu untuk lebih yakin biar tak sia-sia. Apakah sudah bersih atau belum.

8. Rangkai kembali komponen rem cakram yang sam bro preteli tadi sesuai dengan urutan dan posisinya, jangan lupa kencangkan baut-baut dengan seksama.

Sampai disini sepertinya sam bro sudah berhasil step by step cara memperbaiki rem cakram yang seret sendiri tanpa harus kebengkel, jangan lupa di tes drive dulu. Untuk memastikan putaran roda sudah tidak seret lagi.

Itulah langkah cara mengatasi rem cakrams seret dan macet, semoga bisa sedikit bermanfaat dan selamat mencoba.

0 Response to "Cara Mengatasi Rem Cakram Seret Pada Motor dengan Mudah"

Post a Comment

Terima kasih telah berkunjung, silahkan berkomentar dengan sopan.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel