Tips Agar Motor Matic Irit Bahan Bakar dan Tetap Bertenaga

Cara agar motor matic irit bahan bakar tapi tetap bertenaga tentu menjadi harapan banyak orang, dimana mobilitas yang semakin meningkat dengan mengandalkan kendaraan bermotor roda dua khususnya tipe motor matik.

Seiring dengan kenaikan harga bahan bakar yang dipastikan akan terus meningkat, semua solusi dan upaya untuk membuat sepeda motor agar irit konsumsi BBM terus dikembangkan. Termasuk menggunakan sistem pengkabutan tipe injeksi.
Tips Agar Motor Matic Irit Bahan Bakar
Motor Matic Irit Bahan Bakar
Banyak orang masih beranggapan bahwa motor tipe matic cenderung lebih banyak mengkonsumsi bahan bakar daripada kendaraan bermotor dengan transmisi manual.

Jika kita melihat pada kenyataannya, sekarang ini teknologi canggih yang telah ditetapkan pada semua kendaraan bermotor terbaru.

Termasuk sepeda motor matic, yang sudah memakai teknologi injeksi yang diprediksi lebih efisien dan hemat bahan bakar.

Oleh karena itu, asumsi tentang motor matik boros bensin itu tidak sepenuhnya benar. Jika motor matic jadi boros, sebenarnya hal itu disebabkan oleh pengemudi motor itu sendiri. Bukan motornya yang salah.

Cara Agar Motor Matic Irit Bensin dengan Mudah

Pada dasarnya, semua produsen telah merancang mesin kendaraan dengan mempertimbangkan aspek efisiensi penggunaan bahan bakar tergantung pada energi yang dihasilkan.

Sekarang ini, sepeda motor tipe injeksi telah mendominasi semua produk, entah itu motor tipe sport, motor bebek maupun motor matik. Sistem injeksi inilah yang telah dirancang sedemikian rupa agar lebih irit penggunaan bahan bakar.

Berikut ini tips sederhana buat yang merasa motor matiknya dirasa cukup boros, yuk mari simak ulasannya:
  • Cek Filter Udara
Perawatan atau pembersihan saringan udara sangat penting untuk menghasilkan pembakaran yang lebih sempurna, untuk membuatnya lebih efisien dalam produksi energi.
Baca juga ulasan Daftar Kode V Belt Motor Matic Honda
Jika kondisi filter karburator sudah buruk, bisa jadi penyebab motor matic boros bahan bakar. Oleh karena itu segera bersihkan atau ganti dengan yang baru. Hal ini dilakukan agar udara yang dihisap oleh karburator atau ECU tetap bersih.
  • Bersihkan Karburator Motor
Dengan rutin membersihkan karburator, maka aliran udara yang masuk ke ruang bakar tidak akan terhambat, sehingga konsumsi bahan bakar akan lebih stabil. Agar motor matic irit bahan bakar dan performa tetap terjaga.
  • Gunakan Oli Motor Sesuai Tipe
Penggantian oli secara teratur dan rutin juga memiliki dampak yang sangat baik untuk kinerja mesin motor, serta mampu menghasilkan performa motor yang maksimum.

Oli motor berfungsi menjaga mesin agar tetap dingin dan tidak cepat panas, jika mesin motor panas. Maka tarikan motor jadi lebih berat sehingga konsumsi bensin ikut meningkat, saat mengganti oli, pilihlah oli untuk motor matik terbaik. Silahkan simak ulasannya Tips Memilih Merk Oli Motor Matic Terbaik
  • Cek Tekanan Ban Motor
Cara agar motor matic irit bahan bakar dengan selalu cek ukuran tekanan angin ban secara rutin sesuai dengan standar yang ditetapkan. Setidaknya dilakukan satu minggu sekali.
Simak ulasan selengkapnya Motor Matic Honda Terbaru Paling Irit BBM
Jika ukuran angin ban motor berkurang, akan membuat mesin motor terasa lebih berat tarikannya, dan menjadi penyebab motor matic boros bahan bakar.
  • Daya Angkut Maksimum
Hitung beban yang diangkut oleh kendaraan, hal ini paling sering diabaikan oleh sebagian besar pengguna sepeda motor sehingga timbul pertanyaan kenapa motor matik boros. Karena semakin besar beban yang diangkut, akan membuat motor membutuhkan tenaga ekstra.
  • Cara Berkendara
Penyebab motor matic boros bensin dengan gaya riding yang salah, usahakan agar berkendara dengan kecepatan stabil, hindari buka tutup gas dengan spontan. Saat buka gas dengan spontan akan membuat konsumsi bahan bakar motor matik jadi boros.

Tips di atas merupakan bagian dasar dari perawatan standar untuk semua motor tanpa terkecuali, dan pemborosan bahan bakar pada mesin sepeda motor sebenarnya dipicu oleh perilaku penggunanya sendiri.

Cara Agar Motor Matic Irit Bahan Bakar diatas semoga bisa menjadi bacaan yang bermanfaat, salam keep safety riding.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel