Cara Simpel Atasi Lampu Motor Sering Putus Gak Pake Ribet

Mungkin sam bro pernah mengalami lampu motornya sering putus, sudah pasti hal itu membuat gemes bin geregetan. Lampu belum lama diganti kok sudah putus lagi, meski harga lampu motor bisa dibilang murah, namun jika terlalu sering putus bisa-bisa bikin hamsiong.
Cara Simpel Atasi Lampu Motor Sering Putus
Tips Sederhana Atasi Lampu Motor Cepat Putus
Apalagi setelah diberlakukannya undang-undang lalu lintas bahwa semua kendaraan bermotor roda dua diwajibkan menyalakan lampu disiang hari sebagai wujud safety riding. Maka sudah pasti usia lampu motor akan lebih sering menyala baik siang maupun malam.

Setidaknya ada beberapa faktor penyebab lampu utama motor sering putus yang perlu kita ketahui agar tidak menimbulkan kasus praduga tak bersalah. Hal yang menjadi penyebab lampu depan motor sering putus diantaranya:
  • Kualitas Lampu Kurang Bagus
Jika lampu penerangan motor sudah putus, otomatis sam bro harus menggantinya dengan yang baru. pilihlah dop motor yang berkualitas dan jangan tergiur dengan harga lampu motor yang murah namun kualitasnya masih tanda tanya.

Lampu original bawaan motor dari pabrik biasanya cenderung lebih awet jika dibandingkan dengan dop depan hau-hau alias imitasi bin palsu.

Jika ingin ganti lampu depan ori dengan dop motor variasi, sebaiknya pilihlah produk yang sudah teruji kualitasnya, namun sudah pasti memiliki harga yang lebih mahal.
  • Jalur Kelistrikan Motor Error
Mungkin sam bro sangat hobi memodifikasi motor dengan memasang beberapa lampu variasi tambahan agar tampilan motor lebih sangar, hal itu sah-sah saja asalkan cara pasang lampu variasi tersebut sesuai dengan jalur kelistrikan yang benar.

Karena jika terjadi salah sambung dan memutus jalur kelistrikan motor, bisa berakibat sangat serius. Selain bisa mengakibatkan konsleting juga bisa dapat mengakibatkan kabel body hangus terbakar.
  • Kiprok Motor Sudah Soak
Kiprok motor yang soak juga bisa membuat semua lampu motor menjadi sering putus, karena arus listrik dari kiprok yang tidak stabil membuat daya yang dihasilkan menjadi over.

Tips Agar lampu Depan Motor Tidak Cepat Putus

Saat ini motor keluaran terbaru kebanyakan sudah tidak memakai saklar lampu ON/OFF. Hal ini sesuai dengan kebijakan pemerintah yang mewajibkan semua kendaraan roda dua menyalakan lampu di siang hari.

Maka dapat dipastikan begitu kunci kontak dalam posisi ON, maka seketika itu lampu depan motor akan langsung menyala.

Hal ini bisa mempengaruhi masa pakai lampu motor menjadi lebih pendek, karena selalu menyala sehingga bohlam lampu akan cepat panas.

Berbeda dengan tipe motor yang ada tombol ON/OFF untuk menyalakan lampu, sehingga usia dop akan lebih awet.
Baca juga: Merk Lampu Motor Terbaik Paling Laris di Indonesia
Nah, untuk mengantisipasi lampu utama cepat putus, ada trik sederhana nan simpel yang layak sam bro coba.

Jika motor sam bro panel lampunya tidak ada saklar on-off jangan resah dan gelisah jika berkendara disiang hari, hal itu masih bisa diakali dengan panel kontrol lampu dekat dan lampu jauh.

Saya yakin jika semua motor pasti dilengkapi dengan panel kontrol lampu jauh-dekat, nah dari situlah tips atasi lampu motor sering panas kemudian menjadi putus.

Gunakanlah lampu jarak jauh saat berkendara siang hari, gak papa kok. Itu gak akan mengganggu pengendara lainnya, karena sorot lampu jarak jauh tak akan menyilaukan pandangan pengedara dari arah yang berlawanan.

Karena sorot lampu dim masih bisa disamarkan oleh cahaya sinar matahari, karena cahaya lampu masih kalah terang dengan cahaya matahari.

Tapi jangan dipraktekan di malam hari sam, bisa berabe urusannya kalau selalu menyalakan lampu dim. Selain sangat mengganggu pengedara dari arah yang berlawanan, sam bro juga akan mendapat hadiah sumpah serapah dari pengendara lawan.

Karena sorot lampu jauh motor sam bro bisa menyilaukan pandangan dan membuat kesal pengendara lainnya.
Simak juga ulasan: Cara Membuat Lampu Motor Lebih Terang dengan Mudah
Itilah tips sederhana mengatasi lampu motor sering putus tanpa ribet, selamat mencoba. Salam Safety Riding.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel