13 Merk Oli Motor Matic Terbaik 2020 Paling Laris

Merk Oli Motor Matic Terbaik – Kehadiran motor matik di Indonesia semakin mendapat perhatian dari para konsumen penikmat motor matik sejati. Hal ini dapat dibaca dengan baik oleh raksasa produsen motor ternama asal negara Jepang. Honda, Suzuki, Yamaha ialah yang paling gencar dan saling berlomba-lomba untuk menghasilkan motor matik terbaik dengan beragam varian.
13 Merk Oli Motor Matic Terbaik 2020 Paling Laris
Merk Oli Motor Matic Terbaik
Berbagai jenis motor matic saat ini sudah beredar di pasaran, mau motor matik yang kelas High-End, Medium, maupun yang Premium semua sudah tersedia. Tergantung budget yang dimiliki jika hendak membeli oli motor tersebut.

Berbicara cara merawat motor, motor jenis matic memang terkenal dengan motor paling mudah perawatanya. Berbeda dengan jenis motor lainya yang sedikit lebih rumit perawatanya, biaya perawatan juga lebih murah jika dibanding dengan tipe motor jenis sport dan motor bebek sporty.

Setiap kendaraan bermotor memiliki spesifikasi mesin yang berbeda-beda, sehingga ketika melakukan perawatan, tidak bisa menyamakan perawatan untuk motor satu dengan motor yang lain. Perawatan motor bebek, berbeda dengan motor jenis matik, karena mesin yang di aplikasikan pada motor tersebut berbeda.

Merk Oli Motor Matic Terbaik di Indonesia

Merawat mesin motor matik tak lepas dari yang namanya pelumas motor. Perbedaan spesifikasi setiap mesin motor membuat penggunaan oli pun tidak boleh disamakan. Agar mesin motor lebih awet, maka pemilihan oli harus dilakukan dengan tepat. Jangan sampai pelumas yang digunakan justru mengganggu performa mesin.

Nah, bicara masalah pelumas motor matik, mungkin sudah sangat paham dan sudah mempunyai sudut pandang berbeda dalam memilih oli motor yang paling bagus untuk matic. Selain sebagai pelumas motor, oli untuk motor matic disebut juga sebagai alat untuk mengurangi gesekan antar komponen didalam mesin agar lebih halus serta mempermudah mesin motor meraih suhu kerja yang ideal.

Manfaat oli juga sebagai Fluida yang dapat memindahkan suhu panas dari ruang bakar ke sisi lain dari mesin yang lebih dingin. Pilihlah pelumas motor yang tepat untuk mesin sepeda motor anda, supaya mesin motor jadi awet serta dapat bekerja dengan cara maksimal sudah pasti.

Berikut ini otosae.com memberikan sebuah tips kecil untuk memilih oli matic terbaik, agar nantinya anda tidak salah pilih dan menyesal di kemudian hari.

Simak juga ulasan Motor Matic Honda Terbaru Paling Irit

Tips Memilih Oli Matic terbaik

Sesungguhnya memilih oli untuk motor matic tidaklah sesulit yang dipikirkan. Asalkan mengetahui jenis dan spesifikasi pelumas yang hendak digunakan untuk motor kesayangan anda. Perhatikan juga beberapa point berikut ini sebagai panduan:
  • Perhatikan Kekentalan Oli Motor
Pelumas motor matik harus juga mempunyai kekentalan yang sesuai dengan kebutuhan. Kekentalan oli yang cocok dengan skutik, kwalitas oli matic paling baik (API SL), serta mempunyai aditif yang bermanfaat untuk mengurangi gesekan dalam mesin hingga kemampuan mesin jadi lebih efektif.
  • Gunakan Oli yang Bersertifikat American Petroleum Institute (API)
Pilih dan gunakan pelumas yang berlisensi. Ada 2 tipe sertifikat yang direkomendasikan, yakni API serta JASO. American Petroleum Institute (API), yaitu instansi yang menguji serta mengecek kwalitas oli yang digunakan di negara-negara Eropa serta Amerika. Sedang JASO (Japanese Automotive Standard Association) yaitu instansi di Jepang yang mengecek serta menguji kwalitas oli untuk kendaraan di negaranya.
  • Perhatikan Oli Motor Standar JASO MB, MA, MA2
  1. JASO MA yaitu menandakan kalau oli itu cocok untuk motor berkopling basah (terendam oli), sedang kode di belakang JASO menunjukan kwalitas sertifikat. Yang tertinggi yaitu JASO MA2 jadi kalau dapat tentukan yang kode MA nya tertinggi.
  2. JASO MB spesial untuk skutik yang memiliki transmisi CVT lantaran type mesinnya tidak sama. motor jenis matik memiliki mekanisme kopling kering atau tidak tercampur dalam bagian mesin alias terpisah.
Jika oli untuk motor matic tidak ada standar JASO MA atau MB, sebaiknya anda tidak usah memilihnya. Karena akan mengakibatkan kampas kopling motor yang dilumasi oli tanpa standart JASO akan cepat aus, begitu juga dengan motor yang menggunakan CVT.

13 Merk Oli Motor Matic Terbaik dan Terlaris

Jika anda merasa bingung atau bimbang untuk membeli atau bahkan mengganti dengan merk oli matik. Tak usah bingung dan bimbang, karena dibawah ini otosae sudah menyiapkan beberapa rekomendasi merk oli terbaik untuk motor matik, berikut ini daftarnya:

Oli Matik BM1 PC 1500

Pelumas merk BM1 Synthetic Oil Matic SAE 10W40, pelumas matic terbaik yang dikemas sesuai dengan takaran bak penampung oli matic, yaitu sebanyak 800 ml. Sudah banyak konsumen yang percaya bahwa pelumas BM1 PC 1500 matic merupakan pelumas mesin terbaik. Oli BM1 PC 1500 merupakan oli motor matic injeksi terbaik.

Baca juga ulasan Motor Matic Yamaha Terbaru di Indonesia

Spesifikasi oli BM1 PC 1500 Matic:
  1. Synthetic Oil.
  2. With PC-AFA Formula.
  3. API Service: SL.
  4. JASO: MB.
  5. Volume: 0,8 liter.
  6. SAE: 10W30.
  7. Harga oli BM1: Rp.60000.

Oli Repsol Moto 4T Matic 10w30

Repsol Moto 4T 10W30 Matic adalah merk Oli Matic paling bagus yang dikeluarkan pabrikan Repsol. Oli Repsol matic ini khusus diproduksi untuk kendaraan sepeda motor berjenis matic maupun matic injeksi terbaru, dan hanya beredar di Indonesia saja.

Spesifikasi Repsol Moto 4T Matic 10w30:
  1. SAE: 10W30.
  2. API Service: SJ.
  3. JASO: MB.
  4. Volume: 0,8 liter.
  5. Harga oli Repsol Moto 4T Matic: Rp.44000.

Oli MOTUL Scooter LE 10w30

MOTUL Scooter Expert LE 10W30 adalah Merk Oli Motor Matik Terbaik saat ini, nama besar oli motor MOTUL ini sudah tidak diragukan lagi. Produk oil Motul ini sangat populer di dunia balap dunia hingga tanah air seperti, roadrace, dragbike, grastrack, dan motocross.

MOTUL Scooter Expert LE di produksi mengingat dunia otomotif khususnya motor tipe matic dari tahun ketahun semakin tajam tingkat penjualanya. Dan salah satu oli motor matic injeksi terbaik yang beredar di Indonesia.

Spesifikasi MOTUL Scooter Expert LE 10W30:
  1. SAE: 10W-30.
  2. JASO: MB.
  3. API: SL.
  4. Semi Sintetik.
  5. Volume: 0,8 liter.
  6. Harga oli Motul: Rp.71000.

Oli Pertamina Enduro Matic

Enduro Matic 10W 30 merupakan pelumas motor matik berkualitas tinggi dengan moly additive untuk mengurangi friksi pada temperatur dan kecepatan tinggi. Enduro Matic memiliki viskositas rendah untuk mempermudah sirkulasi pelumas dan memberikan Fuel Economy yang lebih baik.

Enduro Matic merupakan pelumas terbaik untuk motor matic injeksi dan sangat direkomendasikan untuk pelumas mesin motor empat langkah dengan sistem Dry Clutch.

Spesifikasi Oli Enduro Matic:
  1. Synthetic Oil.
  2. SAE: 10W30.
  3. API: SL.
  4. JASO: MB.
  5. Volume: 0,8 liter.
  6. Harga oli Enduro Matic: Rp.40000.

Oli Yamalube Matic

Pelumas mesin khusus motor matik ini mengandung Molybdenum yang berguna untuk mengurangi gesekan serta dapat meningkatkan performa mesin. Yamalube matic mempunyai viskositas 20W–40 dengan grade SJ. Sangat cocok untuk semua jenis motor matik Yamaha, mulai Mio sampai Lexam.

Spesifikasi Oli Yamalube Matic:
  1. SAE: 20W40.
  2. API SJ.
  3. JASO MB.
  4. Volume: 0,8 liter.
  5. Harga oli Yamalube: Rp.33000.

Oli Yamalube Power Matic

Yamalube Power Matic mempunyai viskositas 10W-40 grade SL. Yamalube Power Matic adalah pelumas motor yang direkomendasikan oleh pabrikan Yamaha untuk motor matik All New Soul GT. Kelebihan dari Yamalube Power Matic ialah mampu mengurangi gesekan komponen yang ada didalam mesin motor, sehingga putaran mesin bisa lebih halus dan responsif.

Spesifikasi Oli Yamalube Power Matic:
  1. SAE: 10W40.
  2. API: SL.
  3. JASO: MB.
  4. Volume: 0,8 liter.
  5. Harga oli Yamalaube matic: Rp.37000.

Oli Yamalube Super Matic

Yamalube Super Matic merupakan produk terbaru sekaligus menjadi oli mesin matic terbaik dari Yamaha. Kelebihan dari Yamalube Super Matic ialah stabil pada temperatur tinggi. Yamalube Super Matic mampu meredam suhu panas dari mesin motor dengan sangat baik hingga membuat performa motor lebih optimal.

Merk oli motor terbaik Yamalube Super Matic memenuhi standar JASO MB yang sangat cocok untuk semua matik Yamaha. Seperti Yamaha Mio, Yamaha Xeon, Mio Soul GT, Mio 125 M3, Yamaha New GT 125 Eagle Eye, dan Yamaha X Ride.

Spesifikasi Oli Yamalube Super Matic:
  1. Full Synthetic.
  2. SAE: 10W40.
  3. JASO: MB.
  4. Volume: 1 liter.
  5. Harga Yamalube Super Matic: Rp.57000.

AHM Oil MPX 2 (Maximum Protection Expert)

MPX 2 adalah oli terbaik untuk motor matic Honda yang diformulasikan dengan performa tinggi untuk melindungi motor menjadi lebih irit serta performa lebih maksimal. MPX 2 matik Memberikan pelumasan yang sempurna agar performa mesin prima pada tipe kopling kering. Pelumas ini ditujukan khusus untuk tipe motor Matik.

Spesifikasi AHM Oil MPX 2:
  1. SAE: 10W30.
  2. API: SJ.
  3. JASO: MB.
  4. Volume: 0,8 liter.
  5. Harga oli matic AHM: Rp.45000.

Oli AHM SPX 2 (Superior Protection Expert)

SPX 2 adalah merk oli motor terbaik untuk motor matic Honda dengan bahan dasar Fully Synthetic extra superior untuk performa mesin yang lebih tinggi untuk motor Honda matic. Oli skutik SPX 2 ini sangat stabil, mempunyai molekul yang seragam dan dapat menjaga kebersihan mesin serta dapat menstabilkan suhu mesin untuk mengurangi penguapan dan memudahkan starter mesin.

Merk oli motor terbaik AHM SPX 2 memberikan pelumasan yang sempurna pada seluruh bagian mesin dan juga dapat memberikan perlindungan mesin dari oksidasi. Pelumas ini ditujukan khusus untuk tipe motor matic dan oli motor matik terbaik untuk Vario 110 dan Vario 125.

Baca juga ulasan Motor Matic Terbaru dan Terlaris di Indonesia

Spesifikasi AHM SPX 2:
  1. Full Synthetic.
  2. SAE: 10W30.
  3. API: SJ.
  4. JASO MB.
  5. Volume: 0,8 liter.
  6. Harga oli AHM Matic: Rp.48000.

Oli TOP 1 Action Matic

Oli aftermarket dari TOP 1 beberapa waktu yang lalu sempat menjadi perbincangan yang hangat dari segi kualitas dan kwantitas. Pelumas motor TOP 1 merupakan pelopor oli Synthetic pertama di Indonesia yang kemudian di ikuti oleh produsen lainya.

Pelumas motor TOP 1 Action Matic 10W-30 merupakan pelumas yang dikhususkan untuk motor tipe matic berteknologi modern. TOP 1 Action Matic ini bersertifikasi JASO MB dengan SAE 10W30.

Spesifikasi TOP 1 Action Matic 10W30:
  1. Full Synthetic
  2. SAE: 10W30.
  3. JASO: MB.
  4. Volume: 0,8 liter.
  5. Harga: Rp.38000.
Spesifikasi TOP 1 Action Matic 10W40:
  1. Full Synthetic
  2. SAE: 10W40.
  3. JASO: MB.
  4. Volume: 0,8 liter.
  5. Harga oli Top 1 matik: Rp.39000.

Oli SGO Matic ( Suzuki Genuine Oil )

Oli matic SGO ini diformulasikan untuk semua motor matik Suzuki dengan keunggulan mencegah pengendapan pada mesin, tahan oksidasi dan korosi. Melindungi terhadap keausan, mesin lebih tahan lama, tarikan lebih ringan dan bahan bakar lebih hemat. Oli khusus matik ini terdapat dalam 2 pilihan yakni 1 liter dan 0,8 liter.

Baca juga Motor Matic Honda Terbaru Paling Irit BBM

Spesifikasi Oli SGO Matic 1000lt:
  1. Synthetic.
  2. SAE 10W40.
  3. API: SL.
  4. JASO: MB.
  5. Volume: 1 liter.
  6. Harga oli motor matic SGO: Rp.44000.
Spesifikasi Oli SGO Matic 0,8 cc:
  1. Synthetic.
  2. SAE 10W40.
  3. API: SL.
  4. JASO: MB.
  5. Volume: 1 liter.
  6. Harga SGO Matic: Rp.39000.

Oli Shell Advance AX7 Scooter

Shell AX7 spesial matic ini memiliki kontrol kekentalan oli motor, kebersihan mesin, dan ketahanan pelumas yang lebih baik terhadap suhu panas dan udara. Pelumas motor Shell matik dibuat dengan dengan teknologi mutakhir, seperti Pureplus Technology dan Active Cleansing Technology (ACT).

Oli motor matik Shell Advance AX7 merupakan pelumas yang ideal untuk motor matik yang berkinerja tinggi. Walaupun dalam kondisi yang penuh dengan tekanan, pelumas ini dapat memastikan bahwa motor akan memberikan tenaga terbaiknya, dengan peningkatan kendali dan kenyamanan dalam berkendara.

Spesifikasi Oli Shell Advance AX7 Scooter:
  1. SAE: 10W40.
  2. API Service: SL.
  3. JASO: MB.
  4. Volume: 0,8 liter.
  5. Harga oli Shell matik: Rp.57000.

Oli Castrol POWER1 Scooter

Oli motor matik Castrol POWER1 Scooter ini dirancang khusus untuk mengoptimalkan kinerja dan perlindungan untuk sepeda motor matic. Castrol POWER1 Scooter sudah memiliki serifikasi API SL dan JASO MB yang direkomendasikan khusus untuk motor matik yang ada di Indonesia.

Baca juga Daftar Motor Matic Terbaru dan Terlaris

Spesifikai Oli Castrol POWER1 Scooter
  1. SAE: 10W40.
  2. API: SL.
  3. JASO: MB.
  4. Volume: 0,8 liter.
  5. Harga oli Castrol Power1: Rp.38000.
Spesifikai Oli Castrol Activ Matic:
  1. SAE: 20W40.
  2. API Service: SL.
  3. JASO: MB.
  4. Volume: 0,8 liter.
  5. Harga oli Castrol Active: Rp.33000.
Itulah review singkat cara memilih Merk Oli Motor Matic Terbaik semoga sedikit banyak dapat membantu anda bila akan ganti oil matic kesayangan. Harga oli matic tersebut bisa saja berbeda, tergantung harga yang dibanderol oleh penjual oli diatas. Terima kasih.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel