Tips Ampuh Anti Maling Motor Gak Pake Ribet

- Monday, February 25, 2019

Advertise

Advertise

Anti Maling Motor - Pencurian sepeda motor sudah menjadi topik berita yang sering kita dengar. Ditandai dengan semakin meningkatnya laporan angka pencurian tiap tahunnya.

Namun hal ini tak menyurutkan angka penjualan sepeda motor di Indonesia, terutama di daerah perkotaan. Sehingga bisa saja hal ini menjadi berkah bagi si pencuri, karena semakin banyak target untuk dijadikan korban.
Tips Ampuh Anti Maling Motor
Tips Anti Pencurian Motor
Entahlah, mungkin sepeda motor memang menjadi hal wajib yang harus dimiliki oleh setiap individu. Bisa jadi motor itu memang digunakan untuk bekerja atau pun hanya untuk gaya-gayaan.

5 Tips Agar Motor Tidak Mudah Dicuri

Tips agar motor tidak mudah dicuri maling ada langkah-langkah yang bisa dilakukan demi melindungi sepeda motor dari pencurian, dan untuk meningkatkan kemungkinan gagalnya pencurian.

Perlu dicatat bahwa meskipun tidak ada tips di sini yang dapat menjamin sepeda Anda tidak tercuri, setidaknya tips-tips ini dapat menjadi peran dalam kemungkinan gagalnya pencurian ataupun memperlambat aksi pencurian tersebut.

1. Gembok Anti Maling
Tingkat yang paling dasar. Memang menggunakan cara ini tidaklah sepenuhnya bisa berhasil menangkal pencurian. Kualitas kunci dan gembok cukup berpengaruh dalam gagalnya aksi pencurian.

Jika dilihat dari video-video tentang pencurian yang banyak beredar di Youtube, pencuri motor di Indonesia kebanyakan hanya menggunakan "kunci T", sehingga gembok dan rantai yang Anda pasang setidaknya mengurungkan niat untuk memilih motor Sam Bro sebagai target.
Baca juga Tips Agar Motor Matic Irit Bahan Bakar dan Tetap Bertenaga
Beda cerita jika si pencuri membawa peralatan tempur memadai, seperti palu godam, pemotong besi dan gerinda (seperti pencuri motor di luar negeri, meskipun alat-alat tersebut menciptakan kebisingan, mereka lebih nekat dari pencuri motor Indonesia, Sam Bro!).

Semoga tidak ada pencuri Indonesia yang mencari dan mencontoh video-video pencurian motor di luar negeri, terutama video tantang pencurian di Eropa dan Amerika Latin.

2. Cover Motor atau Mantel
Jika kendaraan Sam Bro terparkir di teras rumah dalam waktu yang cukup lama, ada baiknya ditutup dengan cover motor. Selain untuk menjaga agar motor tetap bersih juga dapat mengurungkan niat pencuri.

Mengapa? Kita semua tahu bahwa kejahatan bisa terjadi karena ada kesempatan. Nah, kesempatan itulah yang kita minimalisir dengan memberikan penutup pada motor Sam Bro semuanya.

Setidaknya kita sudah membuat si pencuri berpikir dua kali untuk mencuri motor kita. Karena selain menghambat aksi mereka, juga pastinya membuat si pencuri tidak bisa memastikan apakah motor tersebut telah dipasang pengaman atau tidak, alarm misalnya.

Mungkin mantel untuk motor terlihat sepele, tapi cukup efektif untuk mencegah pencurian.

3. Pasang Pelacak Motor
Banyak sekali perangkat GPS tracker dipasaran yang bisa dipasang pada motor Sam Bro, harganya pun tergantung pada fitur yang terdapat pada perangkat tersebut.

Ada yang hanya bisa melacak motor, ada yang bisa mematikan mesin motor dari jarak jauh, ada juga yang bisa membuat motor tersebut mati jika jauh dari kontak motor tersebut. Dan masih banyak lagi GPS tracker macamnya.

Carilah bengkel-bengkel yang sudah profesional dalam memasang pelacak tersebut. Karena pemasangan yang kurang benar akan mengakibatkan korsleting pada kelistrikan motor Sam Bro.
Baca juga Tips dan Cara Memilih Ban Tubeless Terbaik untuk Harian
4. Pasang Alarm atau Immobilizer Motor
Pemasangan alarm pada motor mungkin sudah familiar ditelinga Sam Bro semua, namun masih banyak yang awam tentang immobilizer motor. Karena perangkat ini sejatinya hanya bisa diaplikasikan pada kendaraan roda empat.

Immobilizer itu sendiri adalah alat pengaman motor canggih yang tertanam pada kunci motor. Di dalam perangkat tersebut terdapat sebuah chip yang terkoneksi dengan ECU. Chip itulah yang memerintahkan ECU untuk membunyikan alarm dan mematikan motor dalam waktu dan jarak yang sudah ditentukan ketika motor jauh dari kunci tersebut

Seiring perkembangan jaman, perangkat ini mulai diaplikasikan pada motor yang memiliki ECU. Saat ini sudah banyak motor di Indonesia yang dari pabrikannya sudah tertanam ECU, namun harganya masi terbilang mahal karena perangkat ECU itu sendiri tidaklah murah.

Perangkat ini sangat berguna ketika motor Sam Bro dirampas paksa alias dibegal.

5. Beri Tanda Unik
Mungkin cara anti maling motor ini tidaklah terlalu efektif dan menurunkan harga jual kembali motor Sam Bro sekalian, tapi tidak ada salahnya dicoba demi keamanan motor dari pencurian.

Yang saya maksudkan pada tips ini adalah mengganti striping motor dengan cutting stiker, mengecat ulang atau bisa juga airbrush pada carter mesin, tempong, velg, dll.

Si pencuri pasti berpikiran bahwa motor tersebut harganya hancur dan lebih memilih motor standar yang harga jualnya jauh lebih mahal.

Tapi hati-hati dalam memilih warna cat, karena bisa-bisa motor Sam Bro malah dilirik polisi gara-gara warna motor tidak sesuai dengan warna yang tertulis di STNK.

Jika memang ingin merubah warna sebaiknya lakukan sesuai prosedur dengan meregistrasikannya ke SAMSAT.
Baca juga Cara Mengatasi Lampu Depan Motor Sering Putus dengan Mudah
Itulah lima tips Anti Maling Motor dan cara agar motor kesayangan Sam Bro semuanya tidak menjadi korban berikutnya dan setidaknya mengurangi resiko pencurian terhadap motor tersebut. Tetap waspada sam!!
 

Silahkan ketik Sam Bro