Yamaha Motor Sport New R15 Series Pesaing Kuat Honda CBR 150 FI

Yamaha Motor Sport New R15 Series Pesaing Kuat Honda CBR 150 FI
Yamaha Motor Sport New R15
Generasi terbaru motor tipe sport diperkenalkan di awal tahun dengan mengusung banyak perubahan. Bos Yamaha yakin dengan berbagai teknologi terbaru yang di aplikasikan akan membuat lebih kompetitif untuk menyaingi kompetitor terkuat Honda CBR 150 FI.

Senjata utama melawan kekuatan motor All New Honda CBR 150 FI yang dimodali dengan mesin canggih dan paling bertenaga di kelasnya. Pihak Yamaha juga tak mau kalah, menanggalkan mesin 150 cc dan memberikan unit silinder tunggal 155 cc dengan berbagai teknologi terbaru dan tercanggih diantaranya:

Mesin SOHC Teknologi Terbaru Yamaha R15 New

Konfigurasi mesin SOHC (Single Over Head Camshaft) disebut dapat memberikan tenaga yang lebih optimal di putaran bawah. Mesin ini juga tetap efisien karena minimnya perangkat bergerak dibanding konfigurasi DOHC (Dual Over Head Camshaft).

Kelemahan SOHC yang lemah di putaran atas pun ditanggulangi para mekanik dengan memberikan teknologi Variable Valve Actuation (VVA). Fitur yang memberikan dua level asupan udara berbeda ini, memungkinkan mesin bisa mendapat pasokan optimal pada putaran tinggi dan tetap hemat di putaran rendah.
Baca juga Foto Motor Sport Yamaha Terbaru
Mesin inipun akhirnya bisa memiliki tenaga 19,3 dk, lebih tinggi 2,1 dk dibanding motor Honda CBR150R yang tenaganya hanya 17,1 dk. Motor jenis sport besutan Honda kapasitasnya lebih rendah, yakni hanya 149,1 cc. Bandingkan dengan mesin milik R15 yang mencapai 155 cc.

Yamaha R15 Series tak cuma lebih baik di sisi tenaga yang mampu melajukan motor ini dengan kecepatan tinggi, namun torsi yang bisa menciptakan akselerasi pun dibuat paling unggul di kelasnya. Dengan torsi 14,7 Nm, jauh lebih tinggi dibanding CBR150R maupun Suzuki GSX-R150.

Sistem Assist and Slipper Clutch Terbaru Yamaha R150

Sistem Kopling Terbaru Yamaha
Sistem Kopling Terbaru Yamaha R15 New
Sistem transmisi dengan perpindahan gigi yang lebih halus serta responsif merupakan senjata Yamaha R15. Dengan fitur bernama Assist and Slipper Clutch, memungkinkan motor mendapatkan percepatan yang lebih responsif. Pengoperasian kopling pun dibuat lebih ringan agar pengendara lebih nyaman dan cepat melakukan perpindahan gigi.

Salah satu senjata yang juga belum digunakan oleh kompetitornya adalah shock depan bersistem Upside Down. Suspensi dengan konstruksi terbalik seperti ini, disebut dapat memberikan pengendalian yang lebih optimal dan stabil.

Yamaha R15 series memang dibuat dengan karakter motor tipe sport tipe racing. Perhatikan sektor kaki-kaki yang diadopsi dari Yamaha R6 dan juga Yamaha R1 atau motor andalan Valentino Rossi dan Maverick Vinales, pembalap Movistar Yamaha MotoGP yang menggunakan YZR-M1. Semuanya menggunakan sistem suspensi seperti ini, untuk mendapatkan kestabilan saat melibas tikungan.

Lampu Indikator Yamaha Motor Sport New R15

New Yamaha Motor Sport
Spidometer terbaru Yamaha R15 New
Senjata terakhir untuk melibas Honda CBR150R adalah peningkatan fitur modern pada panel dashboard Yamaha R15. Panel indikator yang sebelumnya masih menggunakan kombinasi antara analog dan digital, kini berganti layar full digital yang sangat modern. Dengan penunjuk putaran mesin berupa bar dan penunjuk kecepatan berbentuk angka. Konsumsi bahan bakar yang lengkap, bahkan nama pemilik pun bisa dituliskan di panel digital.

Panel instrumen ini juga dilengkapi shift gear indicator. Lampu berwarna putih besar nan terang, menunjukkan waktu perpindahan gigi. Pengendara pun bisa menyesuaikan timing lampu ini sesuai gaya berkendaranya.

Bagi para biker yang gemar turing motor sport Yamaha R15 2017 ini juga dilengkapi dengan hazard lamp. Lampu ini mengaktifkan dua lampu sein secara frekuentif untuk memberikan peringatan pada pengguna jalan lain.

Fitur yang disebut di atas merupakan fitur terbaru yang ada pada R15 New dan belum ada pada kompetitornya. Harga Yamaha R15 New saat ini dibanderol Rp 31,3 jutaan.

Itulah review singkat Yamaha Motor Sport New R15 yang bisa kami sampaikan, dan semoga bermanfaat. Terima kasih.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel