5 Cara Merawat Aki Motor Agar Tetap Prima dengan Mudah

Cara Merawat Aki Motor - Accu merupakan singkatan dari akumulator, dalam bahasa Inggris disebut Lead Acid Battery atau accu. Accu atau biasa disebut dengan aki adalah sebuah sel arus listrik yang didalamnya berlangsung proses elektrokimia yang reversibel (dapat berbalikan) dengan efisiensinya yang tinggi.

Yang dimaksud dengan proses elektrokimia reversibel, adalah di dalam aki motor dapat berlangsung proses perubahan kimia menjadi tenaga listrik (proses pengosongan) dan sebaliknya dari tenaga listrik dapat berubah menjadi tenaga kimia.
Cara Merawat Aki Motor Agar Tetap Prima
Cara Merawat Aki Motor Agar Tidak Cepat Soak
Fungsi baterai atau aki pada mobil berfungsi untuk menyimpan energi listrik dalam bentuk energi kimia, yang akan digunakan untuk mensuplai pasokan listrik ke sistem starter, sistem pengapian, lampu dan komponen-komponen kelistrikan lainnya.

Tanpa adanya sebuah aki, maka kendaraan bermotor tidak akan bisa dihidupkan, karena tidak ada sumber daya listrik untuk memutar dinamo starter yang berfungsi sebagai penggerak poros engkol.

Sejak pertama kali accu ini diciptakan, proses perkembangan teknologi aki sepeda motor tersebut semakin meningkat. Setidaknya untuk saat ini telah terdapat 2 jenis aki motor yang sering digunakan atau jenis Battery motor yang dipasarkan baik di Indonesia ataupun juga di dunia.

Jenis Accu yang dimaksud ialah tipe aki kering dan tipe accu basah, kedua macam aki tersebut memang mampu menyuplai kebutuhan arus listrik yang dibutuhkan setiap kendaraan bermotor.

Perbedaan Aki Kering dan Aki Basah Sepeda Motor
  • Aki motor tipe basah
Jenis ini adalah accu motor yang berisikan cairan asam sulfat (H2SO4). Ciri utamanya memiliki lubang dengan penutup yang berfungsi untuk menambah isi air accu yang kekurangan air akibat penguapan saat terjadi reaksi kimia antara sel dan air aki.

Aki basah membutuhkan perawatan secara berkala dan continous, mengapa demikian? karena aki basah menggunakan cairan elektrolit. Maka air accu akan lebih cepat menguap dikarenakan panas yang disebabkan penggunaan atau karena suhu lingkungan.

Oleh sebab itu aki basah sangat perlu perawatan berkala dan harus sering di cek air akinya.

Bentuk atau body aki basah hampir sama dengan aki kering, tetapi biasanya aki basah didesain lebih transparan agar pengguna dapat memudahkan merawat aki sepeda motor serta melihat kondisi sel dan ketinggian air aki.

Apakah masih layak digunakan atau tidak, ada juga penanda garis batas untuk ketinggian air agar memudahkan pengguna kapan harus mengisi air aki.
  • Aki motor tipe kering
Aki kering motor tidak menggunakan cairan elektrolit, melainkan menggunakan gel sebagai pengganti cairan untuk merendam sel aki. Dengan begitu pengguna tidak harus rutin mengecek kondisi aki.

Karena gel aki tidak mudah menguap seperti halnya cairan elektrolit dan dapat bertahan lama tanpa harus mengganti gel. Perawatan accu motor tipe kering ini terbilang sangat mudah.

Bentuk dan desain body dari aki kering ini biasanya tidak tembus pandang, desainnya lebih simple, dan dimensinya kebanyakan sama dengan aki basah agar pas dengan tempat aki pada kendaraan.

Aki kering motor bisa disebut juga Maintenance Free Battery (MF Battery) karena minim perawatan.

Untuk saat ini banyak konsumen lebih cenderung untuk memilih aki kering daripada aki basah, yang mana pada aki kering memiliki ketahan yang cukup lama serta perawatan yang cukup mudah bila dibandingkan dengan aki basah.

Sedangkan untuk aki basah juga masih banyak yang menggunakanya, dimana perawatannya juga tidak terlalu susah dan pastinya memiliki ketahanan yang tidak kalah dengan aki kering.

Cara Merawat Aki Motor Agar Tidak Cepat Tekor

Aki atau accu motor adalah salah satu Parts pada kendaraan bermotor yang memiliki peran penting dalam penggunaannya. Selain menjadi kunci utama agar starter motor dapat dinyalakan, aki juga berfungsi untuk menyalakan komponen kelistrikan lainnya. Seperti head lamp, lampu sign, klakson dan lampu indikator lainnya. Oleh sebab itu aki membutuhkan tips merawat aki motor biar awet dan tidak mudah soak.

Baca selengkapnya: Merk Aki Motor Paling Bagus Berkualitas SNI

Agar Parts penting ini dapat menyuplai aliran listrik dengan baik dan sempurna kita harus melakukan perawatan, supaya aki dapat berfungsi dengan baik, awet dan tahan lama. Tips ini bisa juga dilakukan untuk semua jenis aki, baik aki kering dan aki basah.

Tips Cara Merawat Aki Motor Agar Awet dan Tahan Lama

Cek Volume Air Aki

Tips dan cara merawat aki sepeda motor dengan mengecek ketinggian air aki. Dimana kebanyakan orang sering kali lupa akan mengecek kondisi air aki kendaraan bermotor.

Sehingga membuat aki pada motor hanya memiliki umur yang pendek atau sering disebut soak.
Tips Cara Merawat Aki Motor Agar Tahan Lama
Jenis Aki Basah
Sedangkan merawat aki basah sangat mudah sekali, untuk mengisi air aki kita tinggal buka semua tutup lubang pada aki kemudian masukan air accu, atur ketinggian air accu pada garis maksimal pada desain body aki. Usahakan air aki tidak melebihi batas atas dan bawah yang tertera.

Periksa dan Cek Kabel Terminal Aki

Cek kondisi kedua terminal aki, tips dan cara merawat aki motor yang selanjutnya ini juga sering kali dilupakan oleh sebagian orang. Padahal bagian ini memiliki peran sangat penting untuk mengalirkan seluruh energi listrik kebagian yang membutuhkan tenaga listrik.

Simak juga: Jenis dan Merk Aki Motor Terbaik Paling Laris

Bila tidak sering dibersihkan, kedua terminal aki tersebut akan berkerak putih. Sehingga energi yang disalurkan akan terhambat dan tidak maksimal, hal ini sumber penyebab aki kering motor tekor dan soak.
Cek Kabel Terminal Aki
Terminal Aki
Kencangkan kedua baut pada bagian sambungan terminal dan pastikan tidak ada kebocoran pada bagian sambungan atau katup terminal aki.

Jika terdapat kebocoran aki, akan sangat berbahaya bagi motor. Terutama sifat cairan asam sulfat yang dapat mengikis logam (korosi) dan mudah terbakar.

Periksa Kondisi Kiprok Motor

Cek kondisi kiprok pada motor, kiprok memiliki peran sangat penting disetiap kendaraan bermotor. Kiprok sendiri bertugas sebagai regulator untuk menyuplai energi listrik kedalam aki terutama pada tahap pengisian.
Periksa Kondisi Kiprok Motor
Kiprok Motor
Pada komponen tersebut sangat mudah sekali ditebak bila mengalami kerusakan, salah satunya ialah lampu utama akan redup dan juga tidak stabil. Apabila terjadi hal tersebut sobat harus mengecek kiprok agar nantinya tidak merusak bagian lainya.

Simak ulasan: Cara Memperbaiki Aki Kering Sendiri dengan Mudah

Periksa Aksesoris Tambahan

Usahakan untuk tidak menggunakan aksesoris tambahan yang berlebihan pada motor, terutama yang menggunakan energi listrik.

Contohnya seperti menambah lampu-lampu lain sebagai hiasan atau mengubah tipe klakson motor melebihi batas yang dianjurkan.

Lampu Motor
Lampu Motor

Gunakan Starter Manual (Engkol)

Cara Merawat Aki Motor yang terakhir ialah, jangan gunakan Starter Elektrik dengan paksa apabila mesin motor susah dinyalakan. Sebaiknya gunakan starter manual (engkol) sebagai gantinya. Khusunya saat menyalakan mesin motor dipagi hari.
Engkol Motor
Kick Starter
Menggunakan engkol untuk membantu oli agar terpompa lebih cepat melumasi seluruh komponen didalam mesin motor.

Simak selengkapnya: Cara Memperbaiki Aki Basah Motor Tekor dan Soak

Begitulah tips dan Cara Merawat Aki Motor agar awet dan panjang umur. Tips merawat aki kering motor yang terbaik dan termudah untuk dipraktekkan.

Cara tersebut memang mudah untuk dilakukan, namun apabila masih merasa kurang mengetahui tentang aki sepeda motor lebih baik bertanya kepada teman atau kawan yang lebih paham, supaya tidak terjadi kesalahan dalam mempraktekkannya.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel