Cara Merawat Ban Motor Supaya Awet dan Tidak Licin dengan Mudah

Tips dan cara merawat ban motor supaya awet dan tahan lama memang sangat penting untuk dipahami oleh semua pemilik kendaraan bermotor, baik itu motor dan mobil. Namun sebagian besar pemilik kendaraan banyak yang melupakan hal ini.
Cara Merawat Ban Motor Supaya Awet dan Tidak Licin
Padahal peran si karet bundar ini sangat penting untuk keselamatan berkendara, apalagi jika kondisi jalan yang licin dan rusak. Jika kondisi ban sudah tipis dan botak, pasti sangat mengkhawatirkan.

Oleh karena itu mulai dari sekarang perhatikan dan periksa selalu kondisi ban motor sam bro, apakah masih layak atau sudah waktunya diganti dengan yang baru.

Biasanya memilih ban motor yang berkualitas bagus biasanya memiliki harga ban relatif lebih mahal, namun sebanding dengan kualitas yang diberikan.

Ban motor yang bagus biasanya dibekali dengan kompon lebih lunak sehingga kuat mencekeram pada aspal serta tidak licin. Namun ban tipe ini akan cepat habis, mungkin belum genap satu tahun pemakaian akan minta ganti baru.

Cara Merawat Ban Motor Supaya Awet Tidak Cepat Licin dan Tetap Mengkilap

Jika sam bro tipe orang yang kritis soal ban, tentu sudah sangat paham cara perawatannya. Namun bagi yang masih awam jangan kuatir, ada tips jitu dan cara sederhana yang bisa dilakukan untuk menjaga kondisi ban motor menjadi tidak licin dan lebih awet.

Ini sangat perlu dan harus dilakukan mengingat fungsi ban itu sendiri, termasuk parts penting untuk keselamatan berkendara. Berikut caranya agar ban motor tetap awet dan tidak licin:
Daftar Harga Ban Motor Swallow Terbaru Semua Tipe dan Ukuran
1. Pertahankan tekanan angin sesuai dengan ketentuan standar yang tercantum pada ban agar kinerja ban tetap optimal, karena tekanan angin akan mempengaruhi kinerja ban itu sendiri.

2. Menjaga ban tetap bersih dengan mencuci secara menyeluruh saat ban motor terlihat kotor. Dengan rajin mencuci ban akan membuat kompon ban lebih awet dan tidak cepat mengeras, sehingga daya cengkeraman tetap terjaga secara optimal.

3. Hindari permukaan karet ban dengan bahan yang mengandung minyak karena ini akan merusak struktur karet ban motor.

4. Hindari cairan pengkilap ban motor yang mengandung zat yang mengandung bahan bakar seperti, minyak tanah atau bensin dan solar.

5. Jika akan membeli ban motor yang memiliki kualitas baik, periksalah dengan dengan seksama, minimal dengan menyentuh permukaan karet ban.
Baca juga Daftar Harga Ban Motor Terbaru Tipe Racing dan Standart Semua Merk
Pastikan ban memiliki kompon karet yang lebih lunak dan tidak keras. Meskipun jenis ban seperti ini dijual dengan harga mahal, namun akan lebih aman dan terjamin kualitasnya.

Jika sam bro suka melaju dengan kecepatan tinggi sebaiknya tinggu suhu ban agak panas, ketika baru mulai menggunakan motor jangan langsung digeber dengan kecepatan tinggi. Karena kondisi karet ban motor yang masih dingin masih belum mencengkeram maksimal.

Itulah tips dan Cara Merawat Ban Motor Supaya Awet tanpa ribet, jaga selalu kondisi ban sepeda motor sam bro agar tetap nyaman saat berkendara.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel