Cara Mengatasi Kompresi Motor Hilang Mendadak

- Tuesday, October 30, 2018
Mungkin masbro semua sudah sering kali membaca artikel tentang cara mengatasi kompresi motor hilang tiba tiba dengan mudah atau penyebab kompresi motor hilang melalui forum motor, grub motor di Facebook melalui media sakti Mbah Gugel. Namun belum menemukan jawaban yang akurat seperti yang masbro harapkan, sabar mas sabar, nanti masbro juga bakal paham tentang cara mengatasi kompresi hilang pada motor.
Cara Mengatasi Kompresi Motor Hilang Mendadak
Cara Mengatasi Kompresi Motor Hilang
Memang tak bisa dipungkiri jika kerusakan pada kendaraan bermotor itu merupakan hal lumrah dan sangat wajar sekali. Yang tidak wajar itu kalau rusaknya terlalu sering dan sudah banyak memakan biaya servis tapi hasilnya tidak maksimal.

Mungkin masbro semua pernah mengalami pas lagi enak-enak berkendara tiba-tiba tenaga motor jadi loyo, padahal handle gas motor sudah dibetot lebih dalam. Tapi laju motor terasa berat dan malah mati dengan sendirinya, itulah yang dinamakan dengan loss kompresi atau kompresi motor hilang mendadak, tenang mas tenang jangan panik. Mari kita bedah sama-sama kasus motor hilang kompresi mendadak atau jika kompresi motor hilang, mari kita simak ulasan cara mengembalikan kompresi yang hilang dengan tiba-tiba berikut ini.

Penyebab Loss Kompresi dan Cara Mengatasi Kompresi Motor Hilang Tiba-tiba

Sesuai dengan judul diatas yaitu cara mengatasi loss kompresi ? apa perbedaan antara loss kompresi dan bocor kompresi ? apa itu loss kompresi ? apa penyebab loss kompresi ? dan bagaimana ciri kompresi motor hilang ?

Perbedaan Loss Kompresi dan Kompresi Motor Bocor
  • Lost Compression (hilang kompresi)
Loss kompresi itu sebetulnya berasal dari kata Lost dan Compression (dalam bahasa Inggris), kata Lost = hilang sedangkan Compression = kompresi, silahkan baca disini untuk lebih detail. Jadi maknanya ialah hilangnya sebuah tekanan sementara yang dihasilkan oleh kinerja piston motor diruang bakar pada sebuah mesin motor.

Lalu apa akibat dari motor loss kompresi ? jawaban yang simpel ialah ya jelas sepeda motor tidak akan bisa dihidupkan karena tidak ada tekanan kompresi, karena salah satu syarat nyala sepeda motor adalah dengan adanya sebuah sistem kerja kompresi itulah salah satu dari fungsi kompresi motor.
  • Kompresi Motor Bocor
Selain kompresi pada motor hilang, ada juga motor bocor kompresinya, sebenarnya kasusnya hampir sama, namun bedanya kalau loss kompresi adalah sama sekali tidak ada daya tekanan dari piston. Sedangkan motor bocor kompresi ialah melemahnya daya tekan kompresi dari piston secara perlahan.

Kebocoran kompresi bisa terjadi khususnya dibagian ring kompresi, dibagian ini merupakan ruang penyekat antara celah piston dan silinder. Sehingga akan sangat rawan bocor, sebenarnya untuk mengetahui loss kompresi dan bocor kompresi bisa menggunakan alat khusus bernama Compression Tester. Namun tidak semua bengkel motor memiliki alat tersebut, karena harga komponen kompresi tester cukup mahal, Berikut ini ciri ciri motor hilang kompresi dan ciri-ciri motor bocor kompresi:
  1. Motor susah starter.
  2. Suara mesin motor lebih kasar.
  3. Tenaga motor loyo.
  4. Oli motor gampang habis.
  5. Keluar asap putih dari knalpot motor.
Loss kompresi maupun bocor kompresi pada motor bisa saja terjadi sewakatu-waktu, lalu bagaimana cara mengembalikan kompresi yang hilang? adakah solusinya untuk mengatasi motor loss kompresi dan motor kompresinya bocor? ada mas solusinya tenang saja ojo goyah. Simak caranya berikut ini:
Cara Mengatasi Loss Kompresi dan Kompresi Hilang mendadak pada Motor 4 Tak
kompresi pada motor hilang
Pict by: VEDC Malang
1. Jika motor masbro mengalami loss kompresi saat berkendara dan jauh dari bengkel, sebaiknya masbro cari dulu tempat yang aman dan teduh. Sambil menunggu suhu mesin motor dingin, dan posisikan motor dalam keadaan di standar tengah.

2. Setelah suhu mesin motor sudah dingin dan kontak dalam posisi off, coba masbro engkol menggunakan kick starter dulu, jangan pakai dobel starter, agar aki motor tidak cepat tekor. Rasakan apakah terasa berat atau enteng saat di engkol. Jika engkolan terasa berat, itu pertanda baik, karena kemungkinan mesin motor bisa menyala sangat besar.

3. Jika cara Mengatasi kompresi motor hilang diatas sudah dilakukan dan kompresi motor masih ada, coba masbro hidupkan motor dengan cara diengkol saja sambil buka handle gas betot sampai mentok. Tujuan gas dibuka mentok agar suplai bahan bakar yang masuk keruang pembakaran menjadi lebih maksimal.

Jika mesin motor masbro mau menyala, tahan gas di RPM sekitar 4000- 5000 rpm. Jangan langsung di bleyer-bleyer dulu.

4. Akan tetapi bila mesin motor masbro belum mau hidup, cara memperbaiki kompresi motor hilang berikutnya dengan mencopot busi motor masbro (sudah pasti ini memerlukan kunci busi), sehingga akan nampak terlihat lubang busi, kemudian masukkan oli motor ke lubang busi tadi kira-kira 3cc saja.

Bingung gimana caranya memasukan oli kedalam lubang busi motor? cara memasukan oli kedalam ruang bakar bisa menggunakan botol bekas oli gardan motor matic yang ujungnya disambung dengan selang. Jika tidak ada oli, gunakan bensin atau pertamak juga tidak masalah.

5. Busi jangan dipasang dulu serta kunci kontak dalam posisi off, kemudian masbro engkol lagi kira-kira 10 sampai 15 engkolan, tujuannya ialah memancing ring piston agar mengembang dan bisa menghasilkan kompresi kembali.

Lalu gimana cara mengetahui kompresi motor sudah ada apa kompresi motor hilang? caranya cukup mudah, tutup rapat-rapat lubang busi pada silinder kop tadi menggunakan ujung jari kemudian masbro engkol dengan kuat pasti akan terasa tekanannya.

6. Bila terasa sudah ada kompresi, pasang kembali busi motor masbro dan coba hidupkan mesin motor. Jika mesin mau dan sudah menyala, sudah dapat dipastikan akan keluar asap putih dari lubang knalpot motor masbro.

Hal itu sangat wajar nanti asapnya akan hilang sendiri bila oli yang masbro masukkan tadi sudah habis dibakar oleh sistem pembakaran mesin motor.

Cara mengembalikan kompresi yang hilang diatas juga bisa dilakukan untuk motor 2 tak yang lemah kompresinya dan untuk motor injeksi hilang kompresi sebaiknya jangan dilakukan. Karena admin belum pernah mengalami kasus motor injeksi hilang kompresi, sebaiknya segera dibawa ke bengkel resmi saja untuk menghindari kerusakan yang lebih parah.

Lalu apa saja yang bisa menyebabkan kendaraan bermotor bisa hilang kompresi? mungkin pertanyaan itu sering kita temui. Untuk lebih jelasnya jangan beranjak dulu, simak ulasan penyebab kompresi motor hilang berikut ini.

Penyebab Motor Loss Kompresi dan Bocor Kompresi Sepeda Motor
Penyebab kompresi motor bocor maupun motor hilang kompresi sebetulnya ada banyak faktornya, namun beberapa poin cukup penting yang bisa kami tulis untuk masbro sekalian, langsung saja simak penyebab kompresi bocor pada motor
  • Suplai BBM Terlalu Irit
Motor kurang asupan BBM, jika suplai BBM terlalu sedikit, silinder blok (boring) akan cepat memuai karena terlalu panas serta ring piston tidak mampu menahan pemuaian tersebut dan hasilnya motor jadi Loss kompresi.
  • Ukuran Setelan Klep Tidak Sesuai Standar
Setelan klep motor yang tidak sesuai juga bisa menjadi penyebab terjadinya motor loss kompresi, setelan klep yang terlalu longgar jika dibiarkan lambat laun motor akan hilang kompresi dengan mendadak karena adanya benturan yang lebih keras antar klep dengan chamshaft (noken as).

Dan sebaliknya jika setelan celah klep terlalu rapat maka akan mengakibatkan kebocoran kompresi karena klep selalu dalam keadaan tertekan tanpa adanya kondisi bebas. Untuk lebih akurat cara setel klep yang benar adalah dengan menggunakan puler.
  • Ring Piston Aus dan Rusak
Ring piston atau ring seher sudah lembek menjadi penyebab utama terjadinya loss kompresi, meskipun kondisi piston dan silinder blok masih bagus tanpa adanya goresan.
  • Klep In dan klep Out Bocor
Penyebab kompresi motor bocor adanya kebocoran klep hisap dan klep buang terjadi karena adanya kerak karbon yang menumpuk dari hasil sistem pembakaran, sehingga lubang klep tersebut tertutup oleh kerak karbon. Akibat dari penumpukan kerak karbon disekitar lubang klep tersebut maka payung klep tidak bisa menutup sempurna pada sitting klep tersebut.
  • Piston dan Klep Bertabrakan (mentok)
Selain berasal dari kerak karbon kebocoran kompresi juga bisa disebabkan dari piston dan payung klep yang bertabrakan, sehingga klep menjadi bengkok. Hal ini terjadi bisa karena timing yang tidak pas / gigi sentrik yang loncat.

Kenapa gigi sentrik bisa loncat? hal itu disebabkan karena adanya kerusakan di sektor rantai kamrat dan lifter assy tensioner (setelan rantai kamrat).
  • Piston dan Silinder Blok Rusak
Penyebab motor loss kompresi yang paling sering terjadi, yaitu motor tipe 4 langkah mengeluarkan asap putih dari knalpot, sudah dapat dipastikan jika silinder blok dan piston kit (piston, ring piston dan pen seker) yang rusak dapat menyebabkan loss kompresi dan suara mesin motor lebih kasar dari biasanya.
  • Kompresi Motor Terlalu Padat
Untuk kasus yang satu ini biasanya sering terjadi pada motor yang sudah di bore up dan digarap silinder blok dan kop, sehingga CC mesin motor menjadi lebih besar dan lebih kencang lajunya. Bagi para mekanik motor balap, hal ini sudah sebagai makanan bahkan bisa dibuat plesetan oleh para dragster, yaitu lek durung jebol gak banter (kalau belum jebol belum kencang larinya) dan biasanya motor satria FU, Vixion, Tiger ,RX King, Ninja 150R dan matik Mioyang sering kali dirombak kapasitas volumenya.
  • Paking Silinder Blok dan Cylinder Kop Sudah Jelek
Kemungkinan besar koyaknya paking blok maupun kop bisa saja terjadi bila motor masbro sudah pernah di servis besar, dalam artian yaitu pernah ganti piston dan skir klep atau hanya sekedar membersihkan kerak pada volume ruang bakar.

Jika silinder blok sudah pernah dibongkar, otomatis penggantian paking wajib dilakukan untuk menjaga kompresi tidak bocor, disinilah kualitas sebuah paking yang menentukan, kalau paking set merk lama sih kebanyakan memakai Fuboru kalau sekarang sudah banyak merknya.
  • Drat Busi Motor Aus (dratnya dol)
Hilangnya kompresi pada motor bisa terjadi akibat drat/ulir busi mengalami keausan, secara tidak langsung busi juga mendapat daya tekan yang cukup kuat dari kompresi yang dihasilkan oleh cara kerja piston, jika drat busi yang aus maka kompresi motor akan lemah bahkan hilang karena tidak bisa menahan daya tekan kompresi.

Dan penyebab aus-nya drat busi karena sering mencopot busi dalam keadaan kondisi mesin motor masih panas atau pernah memasang busi dengan paksa. Untuk solusi drat busi aus bisa dibawa ke tukang snei bor tap.
  • Ukuran Busi Tidak Sesuai Standart
Hal ini juga bisa menjadi penyebab hilangnya kompresi motor bahkan lebih parah yaitu, loss kompresi. Setiap motor sudah dirancang khusus dengan panjang dan ukuran busi yang telah disesuaikan, meski motor tersebut masih satu merk, tapi untuk ukuran businya belum tentu sama.

Jika busi yang dipasang terlalu panjang, secara otomatis busi akan mentok dengan seher motor dan mengakibatkan piston motor jadi bolong. Sudah pasti kompresi motor akan hilang, untuk tipe dan ukuran busi bisa masbro lihat ulasannya disini agar tidak salah dalam membeli dan bisa berakibat fatal.

Demikianlah ulasan Cara Mengatasi Kompresi Motor Hilang dan loss kompresi yang Otosae rangkum menurut sepengetahuan kami, jika ada hal yang keliru dengan yang kami tulis, silahkan koreksi kami agar bisa memperbaiki kesalahan tersebut. Terima kasih dan salam keep safety riding.
Advertisement
 

Silahkan ketik pencarian masbro