Cara Kerja ECU Motor Injeksi yang Wajib Diketahui

ECU Motor Injeksi atau bisa juga disebut dengan ECM, telah dikembangkan sejak tahun 2009 yang lalu, teknologi sistem injeksi sudah menjadi perhatian dalam dunia otomotif, khususnya diaplikasikan untuk sepeda motor. Namun masih banyak orang yang belum memahami apa sebetulnya teknologi injeksi itu dan apa fungsi dari ECU (Engine Control Unit) pada motor sistem injeksi.
Cara Kerja ECU Motor Injeksi yang Wajib Diketahui
ECU Motor Injeksi
Tahun 2017 saat ini, hampir semua motor keluaran terbaru baik itu motor terbaru dari Yamaha, Honda, Suzuki dan Kawasaki semua sudah mengadopsi sistem pengabutan fuel injection. Selain lebih efisien, teknologi motor injeksi juga bisa menekan angka pencemaran udara yang dihasilkan dari knalpot motor.

Apa itu ECU Motor Injeksi atau ECM?

Engine Control Unit merupakan alat kontrol elektronik yang berfungsi untuk mengontrol Actuator ( simak penjelasnnya disini: Wikipedia) pada mesin pembakaran dalam, seperti, ignition dan injection.

Secara singkat ECU adalah otak dari suatu kendaraan yang sudah di-computerize, selain sebagai fungsi control, ECU juga berfungsi sebagai alat protection system pada suatu kendaraan.

Oleh karena itu ECU adalah sebuah perangkat elektronik yang dikendalikan oleh mikroprosesor pintar layaknya procesor pada komputer. Perangkat ini langsung diprogram untuk mengendalikan mesin dan semua hal yang terkait dengan kelistrikan. Unit ini terkadang disebut juga Electronic Control Unit atau ECM yaitu Engine Control Module.

ECU langsung bekerja untuk mengoperasikan mesin untuk memastikan kinerja yang lebih efisien dan optimal. ECU pada motor tersebut bekerja seperti berbagai protokol elektronik untuk mengoperasikan mesin dan aktivitas terkait lainnya. Hal ini juga memastikan sebagai pengontrol aktivitas pada mesin kendaraan.
Simak ulasan selengkapnya: Kedipan Lampu Indikator Motor Injeksi

Fungsi ECU Pada Motor Injeksi

Pada sepeda motor biasa seperti komuter dengan kapasitas rendah atau motor berpendingin udara tidak ada ECU atau ECM. Disana aktivitas mesin dikontrol secara mekanis. Dan kadang dengan beberapa chip elektronik pra-terprogram yang terbatas seperti CDI (Capacitor Discharge Ignition) namun terpisah.
ecu juken brt
Aktivitas pengendalian dan kinerja juga dioperasikan secara mekanis. Jadi pasokan bahan bakar, campuran bahan bakar udara, sistem pengapian, pengatur suhu atau aktivitas lainnya juga dioperasikan teknologi terpisah.

Disisi lain, pada mesin atau motor ECU atau ECM dioperasikan dan dikendalikan oleh perangkat mikroprosesor ECU. Disini semua tugas seperti campuran bahan bakar udara sesuai dengan throttle temperature, injeksi bahan bakar, timing injeksi, timing pengapian, kontrol kecepatan idle, kontrol suhu, emisi langsung dikontrol oleh ECU, pada beberapa mesin hybrid, katup juga dikendalikan oleh ECU.

Kelebihan Engine Control Unit Motor Injeksi

Mungkin sekarang masbiker mungkin sudah memahami aktivitas cara kerja ECU motor injeksi. Saat ini motor performa tinggi atau mesin lainnya tidak dapat dioperasikan dengan kinerja optimal tanpa dukungan ECU. Jadi ECU pasti memiliki beberapa kelebihan, seperti berikut ini:
Baca juga ulasan Cara Service Motor Injeksi
  1. Penggunaan bahan bakar yang optimal.
  2. Rasio campuran bahan bakar udara dikontrol secara otomatis oleh ECU mengingat posisi throttle, suhu dan cuaca.
  3. Tidak perlu operasi choke manual di pagi hari.
  4. Minimal ruang lingkup untuk mesin mengetuk.
  5. Performa maksimal, efisiensi bahan bakar optimal.
  6. Kontrol dan pastikan emisi lebih rendah.
  7. Memberikan respon throttle yang lebih baik dan responsif
  8. Kontrol suhu operasi.

Kekurangan ECU pada Motor Injeksi

ECU adalah teknologi paling baru dalam motor performa modern. disamping banyak fitur dan kelebihan dari ECU diatas. Namun ada juga keterbatasan atau kekurangan pada ECU motor injeksi, meskipun kita tidak bisa mengkategorikan sebagai kelemahan tapi inilah kenyataanya.

ECU menggabungkan dan mengendalikan semua tugas yang berhubungan dengan pengoperasian mesin. Jadi, tidak ada cara untuk menyesuaikan atau mengendalikan operasi apa pun secara terpisah seperti kontrol bahan bakar atau campuran-campuran bahan bakar udara kecuali pra-program yang diprogram sebelumnya.

ECU tidak dapat dimodifikasi untuk kustomisasi lebih lanjut. Perbaikan kerja dan tempering tidak bermanfaat pada ECU. Ini adalah perangkat dan teknologi dengan harga mahal. Itu membuat motor atau mesin lebih mahal, jika ECU motor injeksi rusak maka otomatis anda akan merogoh kocek lebih dalam untuk mengganti dengan ECU yang baru.
Simak juga ulasan: Kode Kerusakan PGM FI Honda

New Hi-Tech Engine Control Unit

Sepeda motor performa modern hadir dengan beberapa ECU hi-tech dan hybrid. ECU ini hadir dengan beberapa fitur yang disempurnakan. ECU hi-tech dan modern memiliki berbagai preset dari berbagai mode operasi seperti pengendaraan ekonomi, balap mobil atau balap dengan kecepatan tinggi dan lain-lain.

Beberapa ECU modern juga dapat diprogram, dapat disesuaikan dan dapat ditingkatkan dengan perangkat lunak yang mendukung. ECU Modern juga mengendalikan fitur ABS (Anti-lock Brake System), kontrol traksi, kontrol ramping, cruise control, sensor gravitasi dll.
Simak selebgkapnya Cara Servis Injektor Motor Injeksi
Itulah review singkat kelebihan dan kekurangan ECU Motor Injeksi terbaru saat ini. Semoga bisa bermanfaat. Terima Kasih.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel